Minggu, 20 Juli 2008

Belum Tentu


Selintas yang dibisa, telah fitrahnya bila siapa pun akan mementingkan karsa diri bertarung untuk, setidaknya bertahan hidup. Aku sulit berbantah bila kemudian seseorang dilahirkan serbakurang. Barangkali, masalah seriusnya justru pada semakin sempurnanya dalih mereka atas keserbakurangan itu. Trenyuh juga saat premisnya, sudah miskin, tidak pernah bersyukur... eh, merepotkan orang lain pula. Aku terpaksa bersemangat mengkritisi kealpaan itu. Seharusnya, bila dunia tak terlalu ‘merestuinya’, setidaknya ia sanggup terbang melewati dunia dan sekuat tenaga menertawakan semua ini, pertanda ia tak pernah ‘takut hidup’.

Aku sama sekali tak canggung untuk membebasmaksumkan kebuntuan ini. Sudah semestinya perubahan itu jadi subjek, bukan lagi si pengawal perubahan. Berliku hidup yang mengikutsertakan kekhawatiran kompleks itu kan perkara keberserahan diri, entah pre atau post factum. Inilah cikal bakal keberanian. Serumus dengan Tuhan yang tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hamba-Nya. Mana mungkin Tuhan berkepentingan mempermainkan ciptaan-Nya; dan puas melihat hamba-Nya kebingungan? Ya, terlalu antroposentris. Terlalu kemanusiawian.

Keliaran apa pun tentu sah untuk membangun prasangka ningrat tentang hidup yang akan selalu lebih baik, ketimbang hawa keterlaluan yang keterusan didengungkan seperti dunia memang tak layak huni. Ini mentalitas wajar; bukan ketangguhan yang disengaja. Geli juga kalau kemudian ada keinginan untuk mengetengahkan semua kewajaran itu sebagai keberlebihan. Sebab, itu justru sangat berlebihan dan melebih-lebihkan.

Semisal menjawab propaganda instan tentang kaya dan miskin yang selalu berbenturan. Bukankah miskin ada karena ada sebutan kaya? Artinya, kaya dan miskin itu memang keniscayaan. Ia diciptakan sebagai bagian hidup manusia. Ia hadir bukan untuk dijadikan amunisi menegasikan Tuhan, tapi justru untuk memberi ruang pada ‘kewajaran’ termaksud lantaran memang tak akan mungkin ada kaya bila tak ada miskin. Penghancuran salah satunya justru melawan sunatullah. Dan itu sangat tidak mungkin. Sama seperti kecapan lidah asin untuk gula.

Bila kemudian ada tengarai tentang jahatnya si kaya atau zalimnya si miskin, tentu akan tersusul kebaikan mutakhir tentang perlunya saling mengingatkan. Sebab, bila tak segera diingatkan, sunatullah akan terlanggar. Bila sunatullah terlanggar, dunia akan hancur. Lebih jelasnya, proporsi yang tepat adalah keberadaan masing-masing yang tak melulu dipersoalkan, tentang siapa yang hendak atau perlu berkuasa. Sebab, sekali lagi, keduanya tidak untuk dipertentangkan; sama seperti jiwa dan raga.

Keteraturan ini tak hanya akan mewujud pada keberimbangan yang selalu utopis—lantaran justru menjadi ladang amal—tapi juga diskursus hikmah yang tak akan berkesudahan tentang hidup yang selalu berjejal keraguan. Itu sebabnya ada konsep iman. Iman ada bukan untuk melengkapi khazanah keagamaan semata. Ia ada untuk memantik ketenangan hidup beriring keserbatidaksempurnaannya. Semakin tak kentara, dengan kekuatan yang penuh, keberserahan itu ada dengan sendirinya. Semua ragu dan keinginan merusak itu ada lantaran keberserahan yang tak pernah sampai.

Anggap saja ini bangunan persepi perunut kebuntuan hidup. Tapi ia sangat penting untuk menganjur diri bahwa inferior di depan segala kekurangan adalah keliru. Bermacam alasan atasnya hanya akan berlaku parsial bahkan temporer, lantaran ia akan bersinggungan dengan niscayanya hukum alam (sunatullah). Meski berbunuh sangka atas itu pun penghakiman yang tak perlu. Keterikatan ini untuk memanifestasikan tafsir ke-Maha-an Tuhan yang memang berbaur dengan kelobaan episteme makhluk kalkulatif bernama manusia.

Aku berhenti. Seorang kawan memberikan pandangan genuine-nya.

“Aku punya siswa cerdas. Dari rumah ke sekolah ia berjalan kaki. Ia berangkat setelah Subuh dan tak pernah sarapan. Setiap kali sampai, ia duduk sebentar di pos satpam. Ia seka keringatnya itu. Dan tak segan ia pulang malam hanya untuk menambah pelajaran yang aku minta. Kemampuan penerimaannya bagus. Ia bisa pecahkan kasus desain grafis hanya dalam hitungan menit. Bukan main. Yang unik, kalau ia ditagih buat lunasi SPP-nya yang nunggak berbulan-bulan, ia cuma tersenyum. Ia bilang, ibunya hamil lagi dan adik-adiknya masih kecil, juga banyak.”

Aku merasa semakin perlu untuk tidak canggung. Ya, tidak canggung untuk merintis mental bahwa kepapaan bukan faktor utama ketidakbersyukuran seorang hamba. Seseorang kufur bila beranggapan, dirinya tak bisa berbuat apa-apa di depan kenyataan. Bila ia takut mati, dan kini ia takut hidup; betapa mengerikannya hidup ini. Aku tak berani berbayang lanjut bila aku termasuk kalangan ini. Sebab, sekali lagi, hidup belum tentu seperti yang kedengarannya atau yang sering dibicarakan orang. Belum tentu semua itu bisa ditentukan segampang itu... atau sesulit itu.

Cikupa, 22 Juni 2008

18.50 WIB

*Untuk seorang kawan yang yakin bahwa perubahan radikal selalu diawali dengan pendidikan. Bagiku, idealisme selalu diawali dengan kenekatan membuat sekolah; bagaimanapun keadaannya.

4 komentar:

Elsa mengatakan...

perubahan radikal berawal dari pendidikan??

berarti masih laaaamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sekali. karena kenyataannya, dunia pendidikan kita masih sangat mengenaskan!!

arifgiyanto mengatakan...

@ Elsa: Gini aja... kalo gitu kita mulai dari jualan karpet. Ehm!!! Thanks, Sa.

arif setyo mengatakan...

Indonesia mengalami krisis multi dimensi yang permasalahannya saling berkelindan, akan tetapi permasalahan-permasalahan tersebut bukan berarti tidak dapat diidentifikasi dan diselesaikan...

Dalam tahap identifikasi, tidak timbul banyak perbedaan. Permasalahan utama yang harus diselesaikan adalah kedaulatan masyarakat akan kebutuhan dasar yaitu: pangan, pendidikan, dan kesehatan, yang masuk dalam "kebutuhan fisik" nya maslow...

Anehnya, di negara yang konon "gemah ripah loh jinawi" ini, masih banyak rakyat yang merasa kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut adalah sesuatu yang untouchable. Ironis...(atau mungkin , aku yang terlalu mendramatisir.

Yang berbeda adalah pengklasifikasian permasalahan yang ber ekses pada skala prioritas dalam hal eksekusi. Misalkan, Paijo melihat masalah utama adalah masalah pangan, maka menurut Paijo, perubahan radikal harus diawali dari penyelesaian masalah kedaulatan pangan. Begitu juga Paiman dari pendidikan ataupun Daliyo dari kesehatan. Perbedaan ini muncul karena bayak faktor, misalkan latar belakang, kompetensi dll...

Dalam hal ini, aku ikut Paijo, karena kebutuhan dasar yang paling mendasar adalah pangan. Logika sederhananya, manusia tidak mungkin memikirkan pendidikan dan bahkan akan mengabaikan kesehatannya, bila dia dalam keadaan lapar.

Karena masalah yang saling berkelindan, dari manapun perubahan radikal berawal, bukanlah hal yang musti diperdebatkan, semua dapat terintegrasi untuk satu tujuan, mewujudkan Indonesia yang lebih baik...

Sampai jumpa di garis finish kawan...

arifgiyanto mengatakan...

@ arif setyo: Ati-ati, Bim. Omonganmu dikutip wong Gerindra lho. Haha!!

Maksudku begini, semua boleh punya agenda. Tapi, pendidikan tak bisa dinomorduakan. Berarti... sekaligus.